Sabtu, 28 April 2012

GEMADEMAPAN 2012


BKP Kalteng Laksanakan  Pertemuan Gemademapan 2012
Palangka Raya, Dayak Pos
          Pertemuan Gerakan Mandiri Desa Mandiri Pangan (Gema demapan) Selasa (27/3) kemarin  telah dibuka resmi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah (BKP  Kalteng)-
Ir. Efrensia LP. Umbing yang diwakili Sekretaris BKP Kalteng-Ir. Bahrunada.
           Ketua Panitia Pelaksana-Aprianus Jaya,SP. dalam  Laporannya pada acara pembukaan  Pertemuan  yang bertempat di  Ruang Rapat BKP Kalteng ini,  melaporkan bahwa pertemuan ini dihadiri  para  Kepala Badan/Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten/kota serta para Penyuluh/ Petugas pendamping dan Lembaga Keuangan Desa (LKD) yang berjumlah 40 orang peserta, Sedangkan Nara sumber selain dari BKP Kalteng sendiri juga dari Badan Ketahanan Pangan Pusat dan Badan Kerawanan Pangan Pusat, Kementerian Pertanian. Dimana pada kesempatan ini Kepala Badan Kerawanan  Pangan-Tjuk Eko Hari Basuki langsung hadir sebagai nara sumber/pemateri dalam pertemuan ini.
           Selanjutnya  pada kesempatan ini, Kepala BKP Kalteng – Ir. Efrensia L.P. Umbing menyampaikan sambutan tertulis yang dibacakan Ir. Bahrunada, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pembekalan bagi Penyuluh/Pendamping Desa Mandiri Pangan di Desa Reflikasi (desa sekitar yang menjadi  desa binaan desa mandiri pangan-red) dalam mendukung terwujudnya Desa Mandiri Pangan. Hal ini terkait dengan adanya moratorium Bansos Desa Reflikasi tahun 2012, sehingga  dengan adanya pertemuan ini  diharapkan  ada komitmen bersama untuk kelanjutan program, sinkronisasi dan sinergitas antara  pusat dan daerah dalam hal dukungan pembiayaan dari APBD provinsi dan kabupaten/kota untuk memfasilitasi dana Bansos Desa Reflikasi tahun2012 sebanyak 12 desa.
           “ Kegiatan ini kita harapkan akan dapat meningkatkan kemampuan Pendamping/Penyuluh, Pengurus LKD dalam merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan pemberdayaan masyarakat, monitoring dan mengevaluasi kegiatan desa mandiri pangan serta meningkatkan pemahaman dan wawasan aparat pengelola kegiatan desa mandiri pangan dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat sasaran.” demikian Efrensia L.P.Umbing
           Perlu diketahui bahwa Program Aksi desa mandiri pangan yang merupakan program percepatan pembangunan di wilayah pedesaan yang diluncurkan Kementerian Pertanian, sejak tahun 2006 sampai tahun 2012 BKP Kalteng telah melaksanakan program ini bagi  120 desa mandiri pangan dan  desa reflikasi. Dimana sebelumnya 70 desa merupakan desa rawan pangan. (dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar