Senin, 17 September 2012

Tuan Rumah HPS

HPS Tingkat Nasional Ke XXXII, Kalteng Dipastikan Tuan Rumah


Palangka Raya, Kalteng (27/8), Provinsi Kaimantan Tengah  dipastikan akan menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Pangan sedunia (HPS) ke 32 Tingkat nasional Tahun 2012 dan berbagai persiapanpun sedang dilaksanakan.
Rapat Koordinasi maupaun pertemuan konsultasi antara Panitia Daerah dan Panitia Pusat sudah beberapa kali dilaksanakan, baik di Palangka Raya maupun di Jakarta. Persiapan fisik di lapangan juga sedang berlangsung, diantaranya pembersihan lahan yang belum dilakukan pada kegiatan Hari Koperasi Tingkat Nasional bulan Juni lalu, pembangunan panggung utama, pembuatan jalan,  saluran drainase dan kolam ikan sebagai miniatur Rumah Pangan Lestari yang dijadikan arena  kegiatan Gelar Teknologi dengan melibatkan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pertanian.
 Adapun Tema  Peringatan Hari Pangan Sedunia  kali ini adalah  “Agricultural cooperatives  Key to feeding the world” untuk tema internasional dan “Agroindustri berbasis kemitraan Petani menuju kemandirian Pangan” tema nasional.
 Sedangkan kegiatan yang diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama disekitar Arena Pameran Temanggung Tilung yang sebelumnya hampir satu dasa warsa terlantar, selain acara puncak yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI-Sosilo Bambang Yudhoyono juga akan menggelar kegiatan lainnya seperti  Gelar Teknologi dan Seminar, Pameran/Bazaar, beberapa Perlombaan, Pengabdian masyarakat, Tour Diplomatik serta Pentas Seni/Budaya dan Pariwisata.
Kepala Bidang pada Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah-Ir. Dardi yang juga sebagai anggota Panitia Nasional di Palangka Raya Senin (27/8) mengatakan bahwa kegiatan  saat ini lebih dititik beratkan pada penyelesaian pekerjaan di kawasan Gelar Teknologi, karena di sini terkait kegiatan lanjutan seperti pembuatan kolam ikan dan penanaman tanaman pangan/hortikultura.
“Percepatan Penyelesaian pekerjaan secara terpadu antara Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  serta Dinas Pertanian dan Peternakan Kalteng di kawasan Gelar Teknologi khususnya, sangat kita harapkan, karena hal ini terkait kegiatan lanjutan seperti pembuatan kolam ikan dan penanaman tanaman pangan/hortikultura sebagai materi kegiatan.” jelasnya. (lind)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar